Tom Yum Goong – Salah Satu Makanan Khas Thailand Yang Mendunia

Tom Yum Goong merupakan makanan khas Thailand yang dimana saat ini termasuk menjadi salah satu makanan terpopuler didunia.

Tom-Yum-Goong-Salah-Satu-Makanan-Khas-Thailand-Yang-Mendunia

Makanan ini disajikan sebagai hidangan pembuka, tetapi juga bisa dimakan sebagai lauk nasi. Tom Yum Goong ini sangat populer di Thailand dan juga di banyak negara lain karena rasanya yang segar, pedas, dan menyegarkan.

Makanan ini pertama berasal dari tahun 1888, tetapi pada saat itu belum menggunakan udang sebagai bahan utama. Tom Yum Goong juga memiliki beberapa variasi, seperti Tom Yum Gai (campuran ayam), Tom Yum Talay (campuran makanmakan laut), dan Tom Yum Pla (sup ikan). Kuah Tom Yum Goong ada yang bening dan pekat. Bening berarti tanpa tambahan susu evaporasi atau santan, sedangkan pekat berarti dengan tambahan susu evaporasi atau santan. Tom Yum Goong adalah sajian yang kaya akan rasa dan nutrisi, serta memiliki banyak manfaat kesehatan.

Manfaat Mengkonsumsi Tom Yum Goong

Tom Yum Goong adalah sajian yang kaya akan rasa dan nutrisi, serta memiliki banyak manfaat kesehatan. Oleh karna itu, berikut dibawa ini kami akan memberitahukan kepada anda, berbagai manfaat apa saja yang dapat kita peroleh ketika mengkonsumsui makanan khas Thailand ini:

  • Tom Yum Goong dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung bahan-bahan yang memiliki efek antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan, seperti serai, bawang putih, daun jeruk purut, dan air jeruk nipis.
  • Dapat mengurangi peradangan karena mengandung pasta cabai yang memiliki kandungan capsaicin, sebuah senyawa yang dapat menekan zat kimia penyebab rasa sakit dan peradangan.
  • Tom Yum Goong dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut karena mengandung protein, vitamin B, dan seng yang dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit dan rambut yang rusak.

Baca Juga : Makanan Philly Cheesesteak Hidangan Yang Menggugah Selera

Berbagai Resiko Jika Mengkonsumsi Tom Yum Goong Secara Berlebihan

Tom Yum Goong memang memiliki manfaat yang terbilang cukup banyak. Namun, Anda juga harus berhati-hati jika memiliki kolesterol tinggi, karena makanan ini biasanya berisi banyak seafood seperti udang dan cumi. Oleh karena itu, berikut dibawa ini kami akan menjelaskan berbagai resiko  mengkonsumsi Tom Yum Goong secara berlebihan:

  1. Risiko Terkena Penyakit Yang Berkaitan Dengan merkuri : Beberapa jenis udang, terutama yang berasal dari laut, mengandung merkuri dengan kadar tinggi. Merkuri adalah logam berat yang dapat berakumulasi dalam tubuh dan menyebabkan kerusakan pada otak, jantung, ginjal, dan paru-paru. Merkuri juga dapat mengganggu perkembangan janin pada ibu hamil. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi udang tidak lebih dari 340 gram per minggu.
  2. Risiko Terkena Penyakit Yang Berkaitan Dengan Jenuh : Makanan khas Tahialnd biasanya menggunakan santan sebagai salah satu bahan kuahnya. Santan mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi, yaitu sekitar 18 gram per cangkir. Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, penyakit jantung, dan stroke. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi santan tidak lebih dari 10% dari total kalori harian.
  3. Risiko Terkena Penyakit Yang Berkaitan Dengan Garam : Makanan khas Thailand ini juga menggunakan garam, saus ikan, dan pasta cabai sebagai bumbu penyedapnya. Bahan-bahan ini mengandung natrium yang cukup tinggi, yaitu sekitar 1.000-2.000 mg per porsi. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi natrium tidak lebih dari 2.300 mg per hari.
  4. Risiko Terkena Penyakit Yang Berkaitan Dengan Kalori : Makanan khas Thailand ini memiliki kurang dari 100 kalori per cangkir, tetapi jika dikonsumsi dalam porsi yang besar, kalori yang masuk ke tubuh bisa melebihi kebutuhan. Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan porsi makan dengan kebutuhan kalori harian.

Resep Tom Yum Goong

Tom-Yum-Goong-Salah-Satu-Makanan-Khas-Thailand-Yang-Mendunia1

Saat ini, Tom Yum Goong yang merupakan makanan khas Thailand sangatlah begitu populer. Dimana kita dapat menjumpainya di berbagai restoran terkenal diseluruh dunia. Oleh karna itu, bagi anda yang ingin membuat makanan yang satu ini. Berikut dibawa ini kami akan memberikan resep untuk membuat Tom Yum Goong:

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan:

  • Udang, sekitar 12 ekor, ukuran sedang atau besar, bisa dengan atau tanpa kulit dan kepala.
  • Kaldu ayam atau ikan, sekitar 1 liter, bisa menggunakan air rebusan kepala udang dan tulang ikan.
  • Daun jeruk, sekitar 5 gram atau 20 lembar, bisa diganti dengan daun limau.
  • Bawang putih, sekitar 2 gram atau 2 siung, kupas dan memarkan.
  • Jamur kancing, sekitar 100 gram, siangi dan belah dua.
  • Lengkuas, sekitar 2 ½ ruas atau 3 cm, kupas dan memarkan.
  • Serai, sekitar 4 batang, kupas dan memarkan.
  • Sambal merah, sekitar 2 sendok makan, bisa menggunakan pasta cabai khas Thailand yang disebut nam prik pao.
  • Lime juice, sekitar 3 sendok makan, bisa menggunakan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis.
  • Saus ikan, sekitar 1 sendok makan, bisa menggunakan saus ikan khas Thailand yang disebut nam pla.
  • Cabai rawit, sekitar 8-10 buah, bisa menggunakan cabai rawit hijau atau merah, memarkan atau cincang.
  • Tomat, sekitar 2 buah, potong-potong
  • Santan, sekitar 1 cangkir, bisa menggunakan santan kental atau encer.
  • Garam, gula, dan merica, secukupnya.
  • Daun ketumbar, sekitar 3 sendok makan, cincang kasar, untuk taburan.

Cara Memasak Tom Yum Goong

Proses memasak Tom Yum Goong adalah proses untuk membuat sup asam pedas khas Thailand yang menggunakan udang sebagai bahan utama. Proses memasak makanan ini meliputi beberapa langkah, yaitu:

  1. Siapkan bahan-bahan, seperti udang, kaldu ayam atau ikan, daun jeruk, serai, lengkuas, bawang putih, bawang merah, jamur kancing, cabai rawit, sambal merah, lime juice, saus ikan, tomat, dan santan. Bahan-bahan ini harus dicuci bersih, dikupas, dipotong-potong, atau dimemarkan sesuai kebutuhan.
  2. Membuat kaldu udang, dengan cara menumis kulit udang hingga wangi dan kering, kemudian merebusnya dengan air selama 10 menit, dan menyaringnya untuk mendapatkan air kaldu yang gurih dan beraroma.
  3. Membuat pasta tom yum, dengan cara menghaluskan serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, terasi, cabai keriting, cabai kering, minyak, dan air dengan blender atau cobek, hingga menjadi pasta yang halus dan merata.
  4. Membuat kuah tom yum, dengan cara merebus kaldu udang bersama dengan daun jeruk, serai, lengkuas, dan pasta tom yum, hingga mendidih dan harum, kemudian menambahkan jamur, tomat, cabai rawit, lime juice, saus ikan, garam, gula, dan merica, hingga rasa asam, manis, asin, dan pedas seimbang.
  5. Menambahkan udang dan santan, dengan cara memasukkan udang ke dalam kuah tom yum, dan memasaknya hingga matang. Kemudian menambahkan santan, dan mengaduknya hingga rata dan kental.
  6. Menyajikan makanan khas Thailand ini, dengan cara menuangkannya ke dalam mangkuk saji, dan menaburkan daun ketumbar di atasnya sebagai hiasan dan penambah aroma, kemudian menyajikannya selagi hangat dengan nasi putih atau mie sebagai pelengkap] foodfunandfotos.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *